Do You Know COBOL?

23/04/2009 17:26

Cobol adalah bahasa pemrograman komputer, digunakan oleh orang-orang yang akan memberikan instruksi kepada komputer untuk menyelesaikan masalah bisnis. karena orientasi pada masalah, bahasa ini sering disebut juga dengan istilah Problem Oriented Language. Cobol merupakan High Level Language, bahasa umum untuk menggunakan instruksi yang ditulis dalam bahasa Inggris.
Cobol dapat digunakan pada hampir semua komputer yang tersedia compiler COBOL. Cobol telah dibuat di Cobol bahasa 1959.Pengembangan dilakukan oleh sebuah grup yang disebut CODASYL, singkatan dari Conference on Data System Language.
Cobol bahasa pertama kali diperkenalkan secara resmi atau formal pada bulan Januari 1960. Versi bahasa Cobol yang disebut dengan Cobol-60. Dan diperbarui pada tahun 1965. Ketika sebuah bahasa komputer yang tidak standar, yang berarti bahwa banyak versi, kemudian buat user untuk menerapkannya, pemakai harus menyesuaikan versi Cobol tertentu yang digunakan oleh komputer. Untuk mengatasi masalah ini, pada tahun 1968 dan 1974 dikembangkan Cobol bahasa dan lebih ditingkatkan dengan nama dan normal Cobol ANSI (American National Standards Institute). ANSI Cobol sekarang banyak diterapkan dengan beberapa manufaktur komputer. Dengan standarisasi, pengguna tidak terlalu sulit untuk menggunakan bahasa Cobol versi yang berbeda, karena inti dari bahasa ini sama.
Misalnya, untuk mikro komputer, sistem operasi CP / M atau MS-DOS atau PC-DOS, perusahaan software Microsoft, untuk mengembangkan sebuah bahasa disebut Cobol Cobol-80 atau MS-Cobol. Meskipun versi bahasa yang berbeda dari Cobol Cobol-80 tetapi berdasarkan standar ANSI, yang biasa pada 1974 (American National Standards Institute nomor x3.23-1974), yang standar.
Dengan bahasa Cobol, tinggal menulis instruksi dengan bahasa inggris seperti ADD, MOVE, beberapa, READ, WRITE dan sebagainya. Kata-kata yang digunakan dalam bahasa yang disebut Kata Cobol Reserved. Selain Cobol reserved words, yang merupakan kata-kata yang sudah ditetapkan oleh bahasa Cobol, yang memiliki arti khusus, bahasa ini pengguna dapat membuat sendiri kata (Ditetapkan Pengguna Kata) untuk menentukan nama tertentu.
Program bahasa Cobol program terstruktur, struktur program jelas, dibaca, dan mudah untuk belajar, dan baik untuk dokumentasi. Utama struktur Cobol program yang terdiri dari 4 Divisi yaitu:

Identifikasi * DIVISION

Informasi mengenai identitas program (nama program, produsen, tanggal dibuat, tanggal dibangun, dan lainnya.)

* ENVIRONMENT DIVISION

Informasi tentang komputer dan alat-alat lain yang digunakan.

* DATA DIVISION

Informasi tentang bentuk, jenis data yang digunakan dalam program yang bersangkutan

* Prosedur DIVISION

Informasi yang mencakup prosedur pengolahan data yang muncul data pada DATA DIVISION untuk menghasilkan output.

Dari apa yang dapat dilakukan oleh Cobol, Cobol orientasi pada konsep bisnis dapat masalah sebenarnya untuk semua masalah yang berhubungan dengan pengolahan data. Misalnya, pengolahan data siswa, para siswa proses input data, untuk menghasilkan output informasi tentang bermain dengan siswa, dapat juga dilakukan oleh Cobol.

—————

Back