Gaya Windows Vista di Linux

01/05/2009 15:15

Ada beberapa aspek dari Windows Vista Anda dapat menampilkan di Linux, seperti gadget, aero, menu Vista, dan 3D Desktop. PCLinux menyediakan tool untuk menampilkan gadget, aero dan Vista. Untuk 3D Desktop, PCLinux saat ini hanya menyediakan versi demonya (untuk nVidia).

Gadget / Karamba
Konsep gadget sudah lama dikenal di Linux sebagai Karamba. Karamba atau gadget kecil merupakan program yang dijalankan pada desktop. Gadget diaktifkan melalui menu Aplikasi> Aksesoris> SuperKaramba. Jika Anda aktif, SuperKaramba akan muncul di tray pada panel icon dalam bentuk bulat warna biru.

PCLinux menyediakan gadet, seperti Calendar, Aero Clock, Info System, Photo Slideshow. RSS dan sidebar Cuaca / Info Cuaca. Untuk menampilkan gadget ini di desktop, Anda dapat melakukannya dengan mengklik tray icon SuperKaramba panel. Pilih gadget yang tersedia untuk ditampilkan pada desktop.

Aero
Aero menunjukkan konsep transparansi. Secara default Anda sudah bisa menikmati konsep program ini pada setiap jendela yang ditampilkan pada layar. Anda akan melihat perbatasan atau melihat melalui jendela dan menampilkan gambar dari latar belakang. Efek transparansi masih terlihat saat Anda memindahkan jendela program atau pindah ke tempat lain. Menampilkan gambar latar belakang akan mengikuti posisi dimana program diletakkan.

Vista Menu
KBFX menawarkan menu ala Windows Vista. Vista secara default tidak menampilkan menu di PCLinux. Anda dapat mengaktifkannya dengan mengklik area yang kosong di sebelah kanan taskbar panel dan kemudian pilihlan Tambahkan ke Applet Panel. Tariklah scrollbar ke bawah dan pilih gaya KBFX Spinx untuk mengaktifkan menu Windows Vista.

—————

Back