Seputar Sholat Jumat

30/05/2009 15:12

DISYARIATKAN MENGERJAKAN SHOLAT SUNAT SEBELUM SHOLAT JUMAT

Disarikan dari buku "Fiqih Sunnah" karya Sayyid Sabiq penerbit Pena Pundi Aksara, Jilid I Bab Sholat Jumat hal. 458

Sebelum sholat Jumat disunnahkan shalat sunat selama imam belum datang memberikan khutbah. Kalau sudah datang, seseorang tidak perlu mengerjakan sholat sunat kecuali sholat sunat tahiyatul mesjid. Sholat sunat tahiyatul masjid boleh dilakukan pada saat imam memberi khutbah, tetapi hendaklah dipercepat.

 Dalam sebuah riwayat disebutkan

"Apabila salah seorang di antara kamu datang pada hari Jumat sedangkan imam sedang menyampaikan khutbahnya, hendaklah ia mengerjakan sholat dua rakaat secara ringkas" (H.R. Ahmad, Muslim, dan Abu Daud)

 

HARAM BERBICARA TATKALA KHUTBAH JUMAT SEDANG BERLANGSUNG

Disarikan dari buku "Fiqih Sunnah" karya Sayyid Sabiq penerbit Pena Pundi Aksara, Jilid I Bab Sholat Jumat hal. 476-477

 Jumhur ulama sependapat bahwa mendengarkan khutbah Jumat itu hukumnya wajib dan berbicara tatkala khatib sedang berkhutbah adalah haram walaupun pembicaraan itu berupa perintah untuk kebaikan ataupun larangan dari perbuatan jahat, dantidak ada bedanya apakah seseorang itu dapat mendengar khutbah yang disampaikan khatib atau tidak.

 Sebuah riwayat dari Ibnu Abbas bahwa Rasullullah telah bersabda sbb:

"Barangsiapa yang berbicara pada hari Jumat sewaktu imam (khatib) berkhutbah, maka ia seperti keledai yang memikul kitab, sedangkan siapa yang mengingatkan orang itu dengan kata-kata 'diamlah', maka tidak sempurna sholat Jumatnya" (H.R. Ahmad, Ibnu Syaibah, Bazzar, dan Thabrani)

 Dan juga sebuah riwayat dari Abu Hurairah bahwa Rasullullah telah bersabda sbb:

"Apabila engkau mengatakan kepada temanmu pada hari Jumat sewaktu imam (khatib) sedang berkhutbah 'diamlah', engkau melakukan perbuatan yang sia-sia" (H.R. Jamaah selain Ibnu Majah)

 

—————

Back