Topology of WLAN RF

01/05/2009 10:12

1. Tersentralisasi
Nama lainnya adalah star atau hub berbasis jaringan. Topologi terdiri dari server (c) dan beberapa terminal pengguna, di mana komunikasi antara terminal harus melalui server terlebih dahulu. Keuntungan adalah cakupan area, transmisi relatif efisien dan desain terminal pengguna cukup sederhana karena kerumitan ada pada server. Kelemahannya adalah delay-nya besar dan jika server rusak maka jaringan tidak dapat bekerja.


2. Terdistribusi
Dapat disebut peer ke peer, di mana semua terminal dapat berkomunikasi satu sama lain tanpa memerlukan pengontrol (server). Di sini, server diperlukan untuk mengoneksi WLAN ke LAN lain. Topologi ini dapat mendukung operasi mobile dan merupakan solusi ideal untuk jaringan ad hoc. Keuntungan jika salah satu terminal rusak jaringan bekerja, penundaan-nya kecil dan kompleksitas perencanaan cukup minim. Kelemahannya adalah tidak memiliki unit pengontrol jaringan (kontrol daya, akses dan timing).


3. Jaringan selular
Jaringan ini sangat cocok untuk melayani daerah dengan cakupan wilayah dan operasi mobile. Mengambil keuntungan dari jaringan ini microcell konsep, frekuensi kembali teknik dan teknik Handover. Keuntungan adalah untuk menggabungkan keunggulan dan menghapus kelemahan dari ke dua topologi di atas. Perencanaan Kelemahannya adalah memiliki kompleksitas yang tinggi.

—————

Back